Perpus RI Gelar Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca

By Admin

nusakini.com--Dalam rangka Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Kota Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya bersama Perpustakaan Republik Indonesia mengadakan talkshow yang diselenggarakan di Graha Sawunggaling, Gedung Pemerintah Kota Surabaya, Senin (6/5). 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan, kemudian disusul dengan kata sambutan dari Kepala Perpustakaan Republik Indonesia M. Syarif Bando. "Dalam upaya meningkatkan indeks literasi kita tahapan awal bagaimana seseorang memiliki pengetahuan yang memadai. Agar seseorang dapat memahami gagasan yang dimaksud tersirat dan tersurat juga kemampuan mengemukakan ide gagasan yang dibaca", kata M. Syarif. 

Sambutan selanjutnya juga diberikan oleh Anggota Komisi X DPR RI yaitu Arzetty Bilbina "Keinginan membaca dimulai dari diri kita sendiri kami sekarang mengadakan gerakan 3 M yaitu Mudah, Murah dan Merata. Diharapkan anak-anak pelosok mendapatkan buku-buku yang berpendidikan yang baik. Diberikan oleh Pemerintah agar memiliki kebiasaan membaca. Untuk generasi pemimpin yang berani berkompetisi dengan negara lain. Mari kita menghargai dan mencintai buku sebagai jendela dunia kita", ujar Arzetty. 

Pemerintah Kota Surabaya diwakili Asisten Administrasi Umum Hidayat Syah juga memberikan sambutannya "Mohon maaf Ibu Walikota Tri Rismaharini tidak dapat mengahdiri acara ini dikarenakan ada acara yang sangat mendesak. Maka dari itu saya ditunjuk sebagai perwakilan.

Walikota Surabaya telah membuat gerakan gemar membaca untuk masyarakat. Supaya mereka kaya akan ilmu pengetahuan. Kita menyiapkan kendaraan keliling atau biasa disebut dengan perpustakaan keliling yang ditaruh di RT dan RW daerah masing-masing". 

Setelah sambutan selesai acara dilanjutkan dengan talkshow yang dinarasumberi oleh Kepala Perpustakaan RI M. Syarif Bondo, Anggota Komisi X DPR RI Arzetty Bilbina, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, dan Penulis Materi Sudjono, Dra. Wiwiek Widayati. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab peserta dengan narasumber, kuis dan game, pemberian hadiah kepada pemenang kuis serta foto-foto. (p/ab)